Sabtu, 1 November 2014
Selamat Datang   |      |  
Sabtu, 1 November 2014 | 16:30 WIB
Surat Pembaca
Telkomsel
Telkomsel Tidak Bisa Memberikan Solusi
Selasa, 8 Januari 2013 | 17:38 WIB

Saya selaku pemegang nomor simpati 08131774XXXX tanggal 01 September 2012, saya membeli Samsung Galaxy Note 10.1 tepatnya pas saat launching di Grand Indonesia, Jakarta. Dan mendapatkan promo bundling Galaxy Note 10.1 beserta kartu perdana simpati dari Telkomsel dengan bonus internet selama 6 bulan (1,5GB/ bulan). Dengan melakukan pengisian pulsa setiap bulannya agar mendapatkan bonus internet. Hari itu juga Saya langsung aktifkan nomor tersebut dan langsung mendapatkan paket bonus internet tersebut.

Pada Tanggal 29 September 2012 (memasuki Bulan ke 2 setelah pembelian), Saya telah melakukan pengisian pulsa tetapi Saya tidak mendapatkan gratis internet dan pulsa Saya sempat terpotong akibat pemakaian internet. Saya mengetahui hal tersebut pada akhir bulan Oktober ketika Saya melakukan pengecekan pulsa (*888#).

Saya langsung menghubungi Call Center Telkomsel untuk menanyakan kenapa pulsa Saya terpotong dan setelah di cek ternyata pulsa Saya terpotong dikarenakan penggunaan internet, pada saat itu juga Saya melakukan komplain bahwa seharusnya Saya mendapatkan bonus internet selama 6 bulan ke depannya dan pihak Telkomsel mencatat keluhan Saya mengenai perihal “tidak mendapatkan bonus internet dari bundling Galaxy Note 10.1 dan terpotongnya pulsa akibat pemakaian internet”. Selama bulan Oktober - Desember Saya sudah menghubungi Telkomsel berkali – kali, jawabannya selalu “lagi dikoordinasikan dengan bagian terkait”, namun tetap tidak ada solusinya. Tanggal 12 November 2012 Saya baru menerima refund dari Telkomsel sedangkan untuk bonus internet masih belum ada.

Pada tanggal 29 November 2012 Saya dihubungi oleh Ibu Melin bagian Complaint Handling yang mengabarkan bahwa nomor Saya sudah diinjek bonus oleh bagian terkait, kemudian Saya cek di *889# ternyata bonusnya tetap tidak ada (Anda tidak memiliki account gratis), Ibu Melin mengatakan akan menghubungi bagian terkait lagi atas perihal tersebut, tapi sampai surat ini ditulis Saya masih belum mendapatkan kembali bonus internet tersebut. Melalui call center di 188 tidak ada solusi, akhirnya Saya complain melalui email ke cs@Telkomsel.co.id, jawabannya tetap sama bahwa “lagi dikoordinasikan dengan bagian terkait”.

Terakhir saya mendatangi Grapari Telkomsel yang terletak di Mal Gandaria City, pihak Customer Service menjanjikan bahwa permasalahan ini akan ditanggani dalam waktu maksimal 7 hari kerja saya dan saya akan dihubungi oleh pihaknya. Tapi sampai hari ini (08 Januari 2013) saya masih tidak mendapatkan kabar apapun dan solusi dari Telkomsel. Saya sebagai Customer merasa dipersulit dan sungguh sangat kecewa dengan layanan Telkomsel dimana hanya menangani masalah satu nomor saja memakan waktu berbulan-bulan dan tetap tidak ada hasilnya.

Merlin Wasito
Cimone Indah Plaza Blok B No, 40, RT/RW: 003/008
Tangerang - Banten

Tanggapan Surat Pembaca
Telkomsel
Telkomsel Tidak Bisa Memberikan Solusi
Rabu, 20 Februari 2013 | 08:37 WIB

Kami ingin menanggapi surat pembaca di kompas.com atas nama pelanggan Bapak Merlin Wasito yang memuat mengenai program paket bundling Samsung Galaxy Note dari Telkomsel pada tanggal 08 Januari 2013. Terkait dengan keluhan tersebut, Telkomsel telah menghubungi pelanggan dan sebelumnya melakukan pemeriksaan secara teknis terhadap nomor yang digunakan. Pelanggan memahami dengan baik penjelasan dan solusi terbaik yang diberikan oleh Telkomsel. Pelanggan saat ini telah menikmati kembali layanan data dari program paket bundling tersebut. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Beragam informasi produk, fitur, serta layanan self care dari Telkomsel dapat diakses tanpa biaya melalui browser interaktif *111# untuk kartuHalo dan *116# untuk pelanggan simPATI dan kartu As. Pelanggan kartuHalo dapat juga menghubungi Call Center gratis di 133 sedangkan untuk pelanggan simPATI dan kartu As dapat menghubungi Call Center bebas pulsa 155 atau Call Center 188 dengan biaya Rp 300 per panggilan. Pelanggan juga dapat mengunjungi website T-Care kami di https://my.telkomsel.com atau mengirimkan e-mail ke cs@telkomsel.co.id. Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak Merlin Wasito dalam menggunakan beragam produk dan layanan Telkomsel. Kepuasan ataupun masukan pelanggan adalah inspirasi bagi kami untuk selalu melakukan inovasi baru dan secara konsisten memberikan layanan yang terbaik.

Suryo Hadiyanto
Telkomsel
Head of External Communications Division Telkomsel
Jakarta