Jumat, 22 Agustus 2014
Selamat Datang   |      |  
Jumat, 22 Agustus 2014 | 14:52 WIB
Surat Pembaca
Bank Mandiri
Pelayanan Buruk Salah Satu Bank di Jakarta
Rabu, 29 Mei 2013 | 10:51 WIB

Saya adalah salah satu nasabah Bank Mandiri. Beberapa waktu belakangan ini saya mengalami berkali-kali masalah dengan pelayanan Bank ternama ini. Yang paling mengusik saya adalah tidak ada nya integritas dari CS yang melayani saya, terbukti dengan apa yang disampaikan seringkali tidak sama/tidak konsisten. Dan pada pelaksanaannya tidak seperti yang dijelaskan. Sebagai contoh, permasalahan yang terakhir saya alami adalah ketika saya kehilangan kartu atm.

Saya sudah mengikuti prosedur yang ada untuk penerbitan kartu barunya, dan kebetulan minggu kemarin kartu baru sudah saya ambil di cabang TA. CS mengatakan bahwa kartu lama saya sudah di blokir permanen dan saya jg sudah dibantu teller untuk create pin baru. Ketika saya tanya kapan kartu bisa aktif dan digunakan, CS menjawab 3 jam setelah pin di create.

Empat jam kemudian saya cek saldo, kartu masih ditolak. saya telpon call centre, namun betapa emosinya saya mendengar respon dari petugas : "Mohon maaf Ibu, jika saya lihat ini kartunya memang belum aktif secara sempurna. Normalnya kartu memang aktif 3 jam Ibu. Namun apabila lewat dari 4 jam belum aktif berarti harus tunggu 2x24 jam." Itupun tanpa bisa menjelaskan alasannya apa, seperti yang saya tanyakan. Apakah ada data yang kurang, atau apalah, saya sendiri kurang mengerti teknisnya bagaimana. Tadi sore saya coba cek saldo lagi yang mana hari ini sudah 2x24 jam plus 5 jam. Tapi kartu masih ditolak.

Saya kembali menelpon call centre dan akhirnya mendapat pengakuan bahwa memang kesalahan pada cabang penerbit, jadi menurut call centre officer, kali ini kartu saya memang belum diaktifkan, bukannya belum aktif secara sempurna seperti yang dikatakan call centre officer pada telp pertama saya. Jadi saya tegaskan kembali bahwa ini adalah kelalaian/kesalahan CS di cabang TA yang gagal mengaktifkan kartu atm saya. Petugas pun mengiyakan pernyataan saya. Saya sungguh sangat kecewa, karena apabila dikatakan dari awal saya akan menarik dana yang saya butuhkan melalui cabang (dengan buku).

Namun sekarang saya sudah hampir 3 minggu tidak dapat mengakses dana yang notabene adalah uang saya sendiri, dan ini dikarenakan kelalaian petugas Bank bersangkutan yang jika tidak saya cecer tidak akan mengaku bahwa ini adalah kelalaian dari pihak mereka. Saya hanya mohon kepada pihak manajemen untuk mereview kembali sejauh mana integritas petugas lapangan, dan terutama mereview kembali performance petugas-petugasnya, terutama CS sebagai frontliners. Jangan sampai apa yang disampaikan tidak konsisten dan malah menyusahkan nasabahnya. Kebetulan saya adalah praktisi sisdur, jadi saya benar-benar tahu dan benar-benar melihat bahwa ini tidak mencerminkannya adanya pelaksanaan prosedur yang baik dan benar.

Mohon bantuannya agar hal ini tidak terjadi pada nasabah yang lain. Mudah-mudahan ini memang hanya terjadi di cabang-cabang tertentu saja. Dan saya juga berharap ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi cabang-cabang lain untuk membenahi pelayanannya terhadap semua nasabah, tanpa melihat dana rekeneing besar maupun yang kecil. Demikian, atas kesempatannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Adriana Santoso
komp hankam slipi G-55
Jakarta

Dibaca - Kali
13432
Tanggapan Surat Pembaca
Bank Mandiri
Pelayanan Buruk Salah Satu Bank di Jakarta
Selasa, 11 Juni 2013 | 16:50 WIB

Mohon maaf karena ketidaknyamanan Ibu Adriana Santoso, dan terima kasih atas masukannya. Perlu diketahui bahwa untuk menindaklanjuti pengaduan Ibu, kami memerlukan data yang lebih lengkap seperti nama lengkap sesuai Identitas Ibu, tanggal lahir, nomor rekening dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Atas hal ini, kami telah telah berusaha menghubungi Ibu melalui nomor telepon yang diinformasikan redaksi terkait, namun belum berhasil. Oleh karena itu, silakan menghubungi Customer Service melalui layanan 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id jika ada pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan.

Nixon L. P. Napitupulu
Bank Mandiri
Plaza Mandiri 3rd Floor
Jakarta