Minggu, 23 November 2014
Selamat Datang   |      |  
Minggu, 23 November 2014 | 17:44 WIB
Surat Pembaca
BCA
Kecewa Promosi dari Kartu Kredit BCA
Selasa, 19 Maret 2013 | 15:38 WIB

Saya Ronald Virgo pemegang kartu kredit BCA dengan No : 1888 8012 8855 XXXX dengan No Customer : 12885523. Pada tanggal 19 Februari 2013 saya melakukan proses transaksi pembelian motor Honda Spura X helm in sebesar Rp.16.225.000 di Sinar Bahagia Wahana Motor. Sebelum saya melakukan transaksi ini saya menghubungi hallo BCA dipertengahan bulan Januri 2013 untuk menanyakan promo pembelian motor Honda dengan cicilan 0%. Dari pihak Halo BCA menginformasikan ada promosi di Toko Sinar bahagia Wahana Motor dengan cicilan 0% dan diberi no. telp 0218520926 beserta alamat Toko diJl. Raya Bekasi Timur 150B Cipinang dan promo ini akan berakhir tanggal 20 Februari 2013.

Saya langsung ke Toko tersebut untuk menanyakan promo ini tanggal 26 Januari 2013, namun dari pihak Tokonya belum mengetahui kerjasama ini dan pihak Toko akan menanyakan ke merchant BCA. Pada tanggal itu juga saya langsung menghubungi halo bca kalau pihak took tidak mengetahui promo ini dan hallo bca menginformasikan bahwa itu ada. Hampir 2 minggu saya menunggu, selama proses menunggu ini saya hubungi kembali pihak Toko dan informasi dari pihak Toko alatnya belum diinstall oleh pihak bank BCA nya.

Saya tunggu lagi 1 minggu dan menghubungi lagi pihak Toko, informasi dari pihak Toko alatnya ada tapi mereka tidak mengetahui cara menggunakan alat tersebut untuk membuat menjadi cicilan (mesin untuk transaksi menggunakan kartu kredit BCA). Saya menghubungi pihak Halo Bca dan menanyakan klu pihak Toko tidak tau caranya, dan dari halo bca menginformasikan, saya transaksi aja diToko Sinar Bahagia Wahana Motor dan setelah transaksi Bapak telephone kembali hallo BCA dan dibuatkan cicilan 0% selama 12 Bulan, saya menyetujuinya.

Pada tanggal 19 Februari saya melakukan transaksi di Toko tersebut dan memang pihak Tokonya tidak mengetahui cara menggunakan mesin untuk transaksi kartu kredit , lalu pihak Toko menelephone pihak merchant beberapa kali dan saya ikut menyaksikannya.

Mereka tidak tahu cara membuat cicilan 12 bulan, dan mereka bilang nanti telephone aja ke Halo BCAnya dan langsung melakukan transaksi sebesar Rp.16.225.000 Setelah dilakukan transaksi saya langsung telephone Hallo BCA untuk dirubah cicilan 0% selama 12 Bulan, saya menanyakan ke Halo BCA tagihan ini munculnya bulan Februari atau Maret, dan pihak Halo BCA bilang bulan Maret 2013.

Pada awal maret 2013 saya terima tagihan kartu kredit. Namun didalam tagihan tsb muncul angka pembelian motor sebesar Rp.16.225.000. Saya terkejut kok ini muncul. Saya telephone pihak BCA kenapa ini bisa muncul karena sebelumnya diinformasikan bulan Maret 2013, lalu jawaban yang saya terima, bapak bayar aja sejumlah minum pembayaran dari pada nanti kena bunga. Setahu saya walaupun kita bayar minum pembayaran tetap aja kita kena bunga.

Pada tanggal 08 Mar jam 13.40 saya telephone kembali Halo BCA menanyakan hal ini, dari pihak Hallo BCA bahwa transaksi saya ini belum diproses menjadi cicilan dan harus menghubungi pihak merchant nya. Pihak merchant akan menghubungi saya lagi jam 17.00 WIB, saya jawab klu jam 17.00 WIB sudah tutup kantor merchantnya dan pihak halo BCA menjawab jam 15.00 WIB saya akan dihubungi kembali.

Saya bingung dan heran karena dari tanggal 19 Februari 2013 sampai tanggal 08 Maret 2013 transaksi tersebut belum diproses menjadi cicilan. Jadi selama ini saya telephone bolak balik ke Hallo BCA percuma saja dan saya merasa dibohongi. Proses akan dibuat cicilan 0 % selama 12 Bulan dan tagihan akan muncul dibulan Maret tak terbukti.

Akhirnya saya membayar tagihan kartu kredit sebesar minimum pembayaran. Saya telp balik hari Sabtu tanggal 16 Maret ke Halo BCA masih dalam proses sampai tanggal 25 Maret 2013 diminta telepon lagi tanggal 20 Maret sebelum tanggal cetak namun hari ini saya telepon lagi ke Halo Bca jawaban tetap sama.

Sedangkan tagihan dicetak tanggal 21 Maret 2013. Pastinya bulan ini akan muncul tagihan yang besar dan saya disuruh bayar sebesar minimum pembayaran lagi plus bunga. Apakah seperti ini kinerja kartu kredit BCA selama 1 bulan proses cicilan belum selesai? Perlu diketahui status pembayaran kartu kredit yang tercantum ditagihan saya lancar.

Ronald Virgo
Villa Balaraja - Tangerang
Tangerang

Dibaca - Kali
12605
Tanggapan Surat Pembaca
BCA
Kecewa Promosi dari Kartu Kredit BCA
Rabu, 27 Maret 2013 | 12:05 WIB

Menanggapi keluhan Bapak Ronald Virgo yang disampaikan melalui Surat Pembaca Kompas.com pada tanggal 20 Maret 2013 berjudul "Kecewa Promosi dari Kartu Kredit BCA", pertama-tama perkenankan kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan yang telah diberikan kepada PT Bank Central Asia, Tbk. Sehubungan dengan permasalahan tersebut dapat kami informasikan bahwa petugas Halo BCA telah menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan tersebut pada tanggal 20 Maret 2013. Kami mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Bapak alami beberapa waktu yang lalu. Demikian kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk.

Hormat kami,

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Sapto Rachmadi
BCA
Menara BCA Grand Indonesia
Jakarta