Sabtu, 20 Desember 2014
Selamat Datang   |      |  
Sabtu, 20 Desember 2014 | 03:57 WIB
Surat Pembaca
FedEx
Tagihan FedEx Tidak Masuk Akal
Selasa, 19 Maret 2013 | 15:14 WIB

Hari ini tepatnya tanggal 19 Maret 2013 saya mendapatkan telpon dari FedEx yang memberitahukan bahwa barang yang saya beli dari Singapur akan dikirimkan ke rumah saya. Namun ketika telpon si kurir menyebutkan bahwa saya harus membayar Rp 929.000 sebagai biaya bea dan cukai. Karena kaget dengan jumlah yang diminta, sedangkan nilai barang yang saya beli juga sama dengan jumlah yang diminta oleh FedEx maka saya menolak untuk menerima kiriman tersebut dan saya berusaha menghubungi customer service. Tetapi setelah saya coba berkali-kali dan harus menunggu sangat lama saya tidak terhubung juga dengan customer service officernya.

Karena penasaran akhirnya saya segera mendatangi kantor pusat FedEx dan menanyakan rincian biaya yang diminta oleh FedEx apabila saya bersedia barang saya diantarkan. Saya dipertemukan dengan bapak Yunus dan saya meminta semua rincian dan dokumen dari paket yang saya tunggu. Saya memang buta mengenai hitung-hitungan kiriman barang ini, tapi saya sedikit tahu bbrp informasi dari teman saya yang kebetulan mengerti tentang pembelian barang import. Disitu ditulis bahwa PPh yang ditagihkan kepada saya adalah sebesar 15%, padahal sebagai pembeli perseorangan dan pemilik NPWP seharusnya saya hanya dikenai pajak 7,5%.

Selain itu ada lagi biaya yang mereka namakan handling charge sebesar Rp 250.000 yang tidak jelas darimana ketentuannya. Padahal saya sudah membayar ongkos kirim sebesar 30 Singapur dollar agar barang saya bisa dikirim ke Indonesia, tetapi sampai disini masih diharuskan membayar yang jumlahnya fantastis. Sampai saat ini paket belum ada ditangan saya, karena lebih baik paket dikembalikan saja ke pengirim daripada saya harus membayar biaya yang sangat mahal itu.

Tidak heran saya banyak membaca keluhan mengenai FedEx, dan ini merupakan pengalaman pertama dan terakhir saya menggunakan jasa FedEx. Sangat kapok dengan harga mahalnya dan masih banyaknya lagi "tembakan" biaya yang ada, seperti dipalak saja rasanya. Sangat merugikan! Saya tidak akan pernah merekomendasikan FedEx kepada teman-teman saya. Ternyata nama besar dan terkenal tidaklah menjamin kepuasan pelanggannya.

Zona Mariska
Jl. Anggur Barat II/29
Jakarta

Dibaca - Kali
beri tanggapan atas surat ini
Silakan kirim surat Anda melalui form di bawah ini. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Andapun bisa menyisipkan foto. Semua field harus diisi!
Nama lengkap :
Nama Institusi/Perusahaan/Lembaga :
Telp Perusahaan (untuk verifikasi) :
Alamat lengkap :
Kota :
No Telp/HP :
Alamat Email :
Scan KTP/ Kartu Identitas Lain : file upload : gif | jpg | png
Judul Pengaduan : re: Tagihan FedEx Tidak Masuk Akal?