Minggu, 21 September 2014
Selamat Datang   |      |  
Minggu, 21 September 2014 | 23:05 WIB
Surat Pembaca
Esia
Jaringan Modem AHA Esia Mati Total
Selasa, 19 Maret 2013 | 08:32 WIB

Saya pengguna modem AHA Esia max-d sejak beberapa tahun lalu. Demi menunjang aktifitas saya di rumah pasca bekerja di kantor saya memilih modem Esia max-d (0711-9204***). Walaupun pada saat dibeli harganya lebih mahal dibandingkan modem yang lain. Pikir saya tak mengapa membeli agak mahal dengan jaminan kualitas yang lebih baik. Di awal-awal penggunaan, modem AHA Esia max-d berjalan dengan baik.

Namun, seperti halnya provider lain yang lalai menjaga kualitas layanan, Esia pun sepertinya begitu. Entah karena pemakai modem Esia kini semakin banyak (sedangkan daya tidak ditingkatkan) atau ada kendala apa, akhir-akhir ini modem Esia sering sekali mengalami gangguan dan itu sangat merugikan saya.

Saya berdomisili di Palembang. Hanya 10 menit dari pusat kota sehingga rasanya jika Esia beralasan daerah saya jauh sehingga mengakibatkan koneksi jelek itu sudah terbantahkan. Sudah beberapa bulan lalu koneksi modem saya menjadi sangat lambat. Saya memilih paket Paket Super Giga dengan biaya Rp.100.000/bulan dan kuota 7 GB.

Keluhan mengenai ini sudah berapa kali saya sampaikan di akun twitter Esia di @SolusiEsia, beruntung admin twitter bekerja dengan baik dan mau membantu merefresh nomor esia saya sehingga koneksi kembali normal. Sayang, setidaknya seminggu sekali saya harus mention @SolusiEsia untuk meminta hal ini. Puncak kekesalan saya terjadi 2 hari belakangan.

Pada hari Minggu, 17 Maret, modem esia saya tidak bisa digunakan. Awalnya saya kira PC saya yang bermasalah, namun ketika saya pindahkan ke 2 laptop milik saudara saya, masih juga disconnect. Saya pun penasaran dan meminjam modem Esia adik saya (ya, adik saya pun pengguna Esia) tapi ternyata sama saja.

Artinya memang jaringannya yang bermasalah. Saya kira 1 atau 2 jam jaringan akan berfungsi kembali, tapi hingga malam masih juga tidak bisa digunakan. Karena mendesak ingin mengirimkan dokumen, lewat jam 10 malam saya harus keluar rumah dan mencari warnet yang masih buka. Sungguh saya jadi kesal karena harus keluar malam-malam dan membayar biaya tambahan untuk itu.

Sampai pagi, masih juga bermasalah. Saya kembali ke warnet dan menghubungi twitter Esia. Oleh mereka, saya diinformasikan bahwa sedang ada perbaikan jaringan. What? Kenapa perbaikan jaringan selama itu? Jika memang jaringan rusak, bilang saja rusak, tidak usah berdalih, bukan? Hingga lewat tengah hari, barulah modem saya nyala kembali. Namun, lagi-lagi ketika lewat jam 5 sore, ke-2 modem Esia kami tidak bisa digunakan.

Sungguh, saya sangat merasa dirugikan. Sudah sepantasnya provider besar seperti Esia memperhatikan secara serius hal ini. Sudah banyak keluhan dilayangkan ke twitter, tapi hanya dijawab dengan jawaban seragam yang tidak memuaskan.

Paket yang saya ambil berlaku 30 hari dengan kuota 7 GB. Saya pernah kehabisan kuota hingga belum sebulan pemakaian sudah terputus. Nah, jika kondisinya dibalik seperti ini, saya tidak bisa menghabiskan kuota saya karena sering sekali error dalam waktu 30 hari, internet saya tetap saja akan diputus walaupun kuota masih bersisa.

Tolong Esia, perbaiki segera. Jika memang ada perbaikan jaringan, sampaikan secara resmi di web anda. www.aha.co.id. Jika begini, bukan tidak mungkin moto AHA! I Like It menjadi AHA! I Hate it! Terima kasih untuk kompas.com yang sudah memuat keluhan saya ini.

Haryadi Yansyah
Jl. Silaberanti Ujung No.16 RT.40 Rw.07
Palembang

Dibaca - Kali
beri tanggapan atas surat ini
Silakan kirim surat Anda melalui form di bawah ini. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Andapun bisa menyisipkan foto. Semua field harus diisi!
Nama lengkap :
Nama Institusi/Perusahaan/Lembaga :
Telp Perusahaan (untuk verifikasi) :
Alamat lengkap :
Kota :
No Telp/HP :
Alamat Email :
Scan KTP/ Kartu Identitas Lain : file upload : gif | jpg | png
Judul Pengaduan : re: Jaringan Modem AHA Esia Mati Total?