Sabtu, 12 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
Sabtu, 12 Juli 2014 | 14:05 WIB
Surat Pembaca
Acer Indonesia
Acer Indonesia Permainkan Konsumennya
Jumat, 22 Februari 2013 | 16:15 WIB

Saya pernah menulis Surat Pembaca di Kompas.com pada tanggal 26 Januari 2013. Saat itu saya mempermasalahkan Produk Acer yaitu Acer Liquid Z110 yang bermasalah “Home Key Jammed” dan juga proses penanganan klaim garansi dari unit saya yang masuk ke ACSP malang yang dijanjikan begitu lama, sampai 3 minggu. Kemudian masalah itu diselesaikan pihak Acer Indonesia yang mengkonfirmasi Unit saya diganti baru tanggal 1 Februari 2013 dan saya terima 5 hari berikutnya yaitu tanggal 6 Februari 2013 sekaligus memastikan unit pengganti tidak ada masalah Home Key Jammed. Setelah itu ketika sudah sampai di rumah, Acer liquid z110 yang sudah diganti baru tersebut saya pakai, ternyata ada masalah lain yaitu terdapat dot (titik terang) pixel pada LCD nya. Dan jika dilihat dengan teliti jumlahnya cukup banyak, yaitu lebih dari 8 titik (4 titik terlihat lebih jelas, sedangkan titik lainnya sedikit samar).

Saya jadi sedikit mempertanyakan Quality Control dari Acer Indonesia pada produknya ini. Karena masalah dot pixel tersebut akhirnya saya putuskan untuk kembali melakukan klaim garansi ke ACSP malang, yaitu tanggal 9 Februari 2013. Kemudian pada tanggal yang sama, saya menginformasikan unit saya yang kembali masuk ke ACSP malang tersebut ke FP Acer Indonesia di Facebook untuk di follow up dengan memberikan Case ID. Dan pada jam 2 siang di hari yang sama tersebut, Acer Pusat menelepon saya untuk menanyakan apakah unit tersebut adalah unit yang baru saja di ganti. Dan saya jawab iya, bisa di cek dari serial number ataupun segel yang ada di unit tersebut. Dan saya juga menanyakan apakah unit tersebut akan di ganti baru lagi, dan katanya Acer akan melakukan pengecekan untuk memastikan permasalahanya dan akan memutuskan apakah akan diganti baru atau tidak.

Kemudian pada hari Senin tanggal 11 Februari 2013 Acer Indonesia kembali menghubungi saya via telfon untuk menginformasikan bahwa unit saya yang masuk lagi di ACSP malang akan diganti baru. Dari situ saya merasa lega, karena pastinya prosesnya akan lebih cepat dari sebelumnya karena sudah dikonfirmasi dan tinggal dilakukan pengiriman dari Jakarta ke ACPS malang. Saya tunggu hingga 4 hari berikutnya belum ada kabar, akhirnya saya putuskan untuk menanyakan unit saya ke ACSP malang. Dan mereka menjawab masih belum datang dan menunggu kiriman dari Jakarta. Kemudian saya menelfon ke Contact center acer Indonesia (500-155) untuk menanyakan unit saya. Di contact center acer Indonesia tersebut, saya informasikan Case ID dan Atas nama saya juga nomor telfon, tapi katanya unit saya tidak terdaftar di database mereka sebagai unit servis yang masuk.

Disini saya merasa sangat kecewa, karena konfirmasi sudah disampaikan sejak 4 hari sebelumnya. Atau apakah dari ACSP Malang tidak mengirimkan data dari Unit saya yang sudah masuk? Karena tidak ada pilihan lain, akhirnya saya putuskan untuk menunggu unit pengganti tersebut datang. Dan pada hari Selasa tanggal 19 Februari 2013 Acer Indonesia kembali menghubungi saya lagi via telfon. Acer memberitahukan bahwa Unit Acer Liquid Z110 untuk warna hitam saat ini kosong, dan menanyakan apakah saya mau di ganti warna putih. Apa acer mau mempermainkan saya, sudah 1 minggu sejak konfirmasi diganti baru, dan sekarang telfon lagi hanya untuk menanyakan soal warna hitam atau putih? Kenapa tidak menanyakan sejak konfirmasi pertama 1 minggu sebelumnya? Baru sekarang menanyakan apakah bersedia diganti warna lain.

Saya diberikan 2 pilihan, kalo mau warna putih, akan dikirim hari itu juga, kalo masih tetap ingin warna hitam harus menunggu 2 minggu. Dan Oke, saya pilih warna putih karena saya tidak mau menunggu lama hanya untuk dapat warna hitam. Setelah konfirmasi barang akan dikirim tanggal 19 Februari 2013 tersebut, hari ini tanggal 22 Februari 2013 acer Indonesia kembali menghubungi saya lagi via telfon. Pikir saya mungkin Unit pengganti saya sudah sampai, tapi ternyata saya kembali di kecewakan, karena mereka menelfon hanya untuk memberitahuan bahwa unit saya akan di kirim hari ini dan perkiraan sampai di malang 3-4 hari berikutnya. 3 hari yang lalu sudah mengatakan mau dikirim, hari ini masih mengatakan mau dikirim.

Apa acer benar-benar mempermainkan saya? Apa juga artinya konfirmasi-konfirmasi sebelumnya kalau pada akhirnya hal tersebut tidak dilakukan. Sudah banyak pengguna Produk Acer yang kecewa terutama dengan Acer Liquid Z110 yang cacat produk yaitu “home key jammed” (yang sampai sekarang acer masih tidak mengakui kalau produknya ini cacat), juga masih dikecewakan lagi dengan proses penanganan klaim garansi yang berbelit-belit seperti yang saya alami. Statement acer Indonesia di FP facebook maupun di kaskus, mengatakan bahwa pengguna Acer liquid z110 ini akan mendapatkan prioritas penanganan. Kalau yang di prioritaskan saja sudah seperti ini, bagaimana dengan yang lain? Sampai surat pembaca ini saya tulis, saya mesih menunggu Unit pengganti yang “katanya” akan dikirim. Semoga Acer bisa dan mau memperbaiki pelayanannya.

M. Ari Irawan
Bacem - Ponggok
Blitar

Dibaca - Kali
beri tanggapan atas surat ini
Silakan kirim surat Anda melalui form di bawah ini. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Andapun bisa menyisipkan foto. Semua field harus diisi!
Nama lengkap :
Nama Institusi/Perusahaan/Lembaga :
Telp Perusahaan (untuk verifikasi) :
Alamat lengkap :
Kota :
No Telp/HP :
Alamat Email :
Scan KTP/ Kartu Identitas Lain : file upload : gif | jpg | png
Judul Pengaduan : re: Acer Indonesia Permainkan Konsumennya?