Senin, 20 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
Senin, 20 Oktober 2014 | 18:14 WIB
Surat Pembaca
AIR ASIA
Hati-hati Pesan Tiket Air Asia!
Rabu, 16 Januari 2013 | 18:04 WIB

Saya telah melakukan pembelian tiket pesawat Air Asia melalui web www.airasia.com dengan route Pekanbaru-Bandung untuk tanggal 21 Januari 2013, atas nama saya sendiri (Hendra Kurniawan) bersama dengan istri saya (Anisa Amalia Ihsani) dan anak saya (Mumtaz Aleandra Taffa) dengan total harga sebesar Rp. 2.111.700,-. Namun karena ada kepentingan keluarga yang mendadak, saya terpaksa harus berangkat lebih awal (tanggal 11 Januari 2013) dengan menggunakan penerbangan maskapai lain, sehingga saya tidak jadi menggunakan tiket pesawat Air Asia yang telah saya pesan tersebut.

Setelah saya di Bandung, tepatnya pada tanggal 16 Januari 2013, saya mencoba menghubungi perwakilan Air Asia yang ada di Bandung (Jl. RE Martandinata – Bandung) melalui telepon untuk mengurus pembatalan keberangkatan tersebut dengan harapan uang yang telah saya bayarkan dapat di-refund (pengembalian) kembali, sebagaimana yang pernah saya lakukan terhadap maskapai penerbangan lain bila saya membatalkan keberangkatan. Tetapi dari pihak Air Asia menyatakan bahwa tidak ada aturan pengembalian uang (refund) terhadap pemesanan tiket pesawat Air Asia.

Tentu saja hal ini sangat mengecewakan mengingat uang sejumlah tersebut bagi saya yang hanya berprofesi sebagai PNS tentunya sangat besar bahkan hampir sebesar gaji saya dalam 1 bulan. Dan anehnya berdasarkan pengalaman saya, bahwa ini bukan kali pertama saya mengurus pengembalian/refund tiket penerbangan.

Sebelumnya pernah saya lakukan terhadap maskapai lain, seperti maskapai inisial “LA” dan “BA” dimana uang yang telah saya bayarkan dapat dikembalikan, walaupun ada pemotongan (tidak 100% uang kembali). Tetapi pada Air Asia sama sekali tidak bisa dilakukan, dan saya terpaksa harus menerimanya dengan lapang dada. Memang menurut pihak Air Asia diterangkan bahwa pada halaman 4 print out tiket sudah tertera bahwa tiket yang dipesan tidak dapat direfund.

Memang disaat saya melakukan pemesanan saya akui bahwa saya tidak begitu teliti membacanya, bahkan tidak memperhatikannya sama sekali, karena saya yakin segala ketentuan-ketentuan yang ada tidak jauh berbeda dengan maskapai penerbangan lain, mengingat persaingan pada bisnis penerbangan yang kompetitif sehingga setiap maskapai akan berlomba memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Namun demikian melalui forum ini saya hanya menghimbau kepada masyarakat konsumen pengguna transportasi udara, agar lebih teliti dalam melakukan pemesanan tiket.

Selain itu gunakanlah maskapai penerbangan yang lebih bisa melindungi konsumennya, dalam arti lebih memahami dan punya keberpihakan kepada konsumen, khususnya dalam situasi seperti yang saya rasakan, karena kita tidak pernah tau ada peristiwa-peristiwa tertentu yang menyebabkan kita bisa saja sewaktu-waktu kita membatalkan keberangkatan dan uang yang telah terlanjur kita bayarkan tidak hilang begitu saja.

Kesimpulannya bahwa kami sangat menghormati regulasi yang telah dikeluarkan oleh Air Asia, tetapi kepada masyarakat kami menghimbau agar berhati-hati bagi anda yang akan memesan tiket penerbangan Air Asia, karena bila anda ingin membatalkan penerbangan tersebut, uang anda tidak akan dikembalikan.

Hendra Kurniawan
Jl. Rajawali V, Gg. Anisa No. 123
Palangkaraya

Dibaca - Kali
beri tanggapan atas surat ini
Silakan kirim surat Anda melalui form di bawah ini. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Andapun bisa menyisipkan foto. Semua field harus diisi!
Nama lengkap :
Nama Institusi/Perusahaan/Lembaga :
Telp Perusahaan (untuk verifikasi) :
Alamat lengkap :
Kota :
No Telp/HP :
Alamat Email :
Scan KTP/ Kartu Identitas Lain : file upload : gif | jpg | png
Judul Pengaduan : re: Hati-hati Pesan Tiket Air Asia!?