Jumat, 31 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
Jumat, 31 Oktober 2014 | 23:14 WIB
Surat Pembaca
Batavia Air
Perubahan Jadwal Penerbangan Batavia Air Tak Bertanggung Jawab
Rabu, 17 Oktober 2012 | 18:55 WIB

Tanggal 2 Oktober 2012 yang lalu, saya melakukan reservasi tiket dari Makassar ke Jakarta dengan menggunakan Batavia Air. Pemesanan tiket ini saya lakukan jauh hari sebelumnya dengan harapan mendapatkan tiket murah mengantisipasi arus mudik Idul Adha 2012. Reservasi untuk 2 orang atas nama saya sendiri sudah confirm untuk tanggal 28 Oktober pukul 18.10, Pembayaran juga telah dilakukan, dan E-ticket juga sudah saya terima di email saya. Yang sangat mengejutkan dan mengecewakan adalah, adanya perubahan penerbangan Batavia Air dengan solusi yg sangat merugikan consumen.

Solusi yg di tawarkan adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Jadwal penerbangan saya ke pukul 12.00 hari yang sama. Solusi ini tidak dapat saya terima karena saya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 5 jam dari rumah ke Bandara dengan kendaraan umum.

2. Perubahan Jadwal ke hari berikutnya. Solusi ini juga tidak mungkin saya ambil di karenakan tanggal 29 adalah hari kerja.

3. Refund uang 100%. Solusi ini juga merugian saya sebagai consumen. Sangat sulit untuk mendapatkan tiket dengan harga sama hanya 10 hari sebelum keberangkatan. Batavia Air yang terhormat, tiket yang sudah saya beli bisa dianggap sebagai surat perjajian antara saya dengan Batavia Air.

Jika terjadi pembatalan penerbagnan oleh pihak consumen, refund tidak akan di berikan 100%, dan itu saya terima sebagai konsekuensi pembatalan sepihak. Mohon pengertian Batavia Air, jika pembatalan dari pihak Batavia, agar bisa di berikan solusi yang tidak merugikan consumen.

Misal dengan transfer ke airline lain dengan jadwal penerbangan yang sama. Mungkin hal ini merugikan pihak Batavia Air, tapi hal tersebut bisa dianggap konsekuaensi dari pembatalan/perubahan sepihak dari Batavia Air. Bersikaplah profesional! Terima Kasih.

Andi Taufan
Jl. Karet Karya 5 No.1
Setiabudi, Jakarta Selatan

Dibaca - Kali
11345
Tanggapan Surat Pembaca
Batavia Air
Perubahan Jadwal Penerbangan Batavia Air Tak Bertanggung Jawab
Selasa, 23 Oktober 2012 | 10:31 WIB

Tanggapan dari Batavia Air Menanggapi Surat Pembaca di Kompas.com pada 17 Oktober 2012, berjudul perubahan Jadwal Penerbangan Batavia Tak Bertanggung Jawab oleh Bpk. Andi Taufan, kami atas nama manajemen Batavia Air mohon maaf atas kejadian kurang menyenangkan yang dialami oleh Bpk. Andi. Penerbangan Batavia Air Y6-662, rute Makassar-Jakarta tanggal 28 Oktober 2012 dengan jadwal terbang pukul 18.10 WIT, dengan sangat terpaksa demi keselamatan penerbangan kami batalkan, dikarenakan adanya program maintenance pesawat. Pihak Batavia Air sudah menghubungi Bpk. Andi 10 hari sebelum jadwal penerbangan. Sesuai dengan PM 77 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, pihak airlines diwajibkan untuk memberikan kompensasi refund full kepada para penumpang. Jika pemberitahuan dilakukan 7 hari sebelum jadwal terbang, baru pihak airline diwajibkan juga untuk melakukan endorse ke penerbangan lain. Demikianlah informasi dari Batavia Air. Atas perhatian, kritikan, dan masukannya kami ucapkan terima kasih. Ke depannya kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

Elly Simanjuntak, PR Manager Batavia Air
PT. Metro Batavia
Jl. Ir. H. Juanda No 15
Jakarta pusat