Kamis, 23 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
Kamis, 23 Oktober 2014 | 06:51 WIB
Surat Pembaca
Orange TV
Orange TV menipu
Jumat, 11 Mei 2012 | 14:30 WIB

Pada tanggal 29 April 2012, saya ditawarkan paket TV berlangganan oleh sales Orange TV yang berlokasi di Mall Grand Indonesia dan kebetulan ada paket berlangganan yang bekerja sama dengan kartu kredit BCA dengan harga paket Rp150,000/bulan. Setelah sales tersebut menjelaskan panjang lebar, saya dan istri bertanya kepada sales tersebut mengenai ke-stabilan jaringan Orange TV jika terjadi hujan, dan sales tersebut menjawab, “tidak masalah, gambar tetap stabil jika terkena hujan karena frekuensi yang digunakan Orange TV lebih tinggi dibandingkan TV berlangganan lain seperti Indovision dan lain-lain”. Dan dijelaskan juga bahwa jika konsumen ingin berhenti berlangganan tidak akan dikenakan denda atau penalty apapun. Nah atas dasar itu, maka saya dan istri memutuskan untuk ikut berlangganan paket yang ada kerjasama dengan kartu kredit BCA tersebut dengan nomor Orange ID 10080424. 2 hari setelah tanggal tersebut, dilakukan pemasangan parabola dan decoder oleh teknisi yang cakap dalam pengerjaannya.

Namun pada hari Senin tanggal 7 Mei 2012 saat terjadi hujan yang cukup deras di pagi hari, tampilan pada TV hilang dan menyisakan pesan “Signal Hilang”. Saat itu juga saya komplain ke customer care Orange TV dan menanyakan tentang hilangnya signal, dan juga memberitahukan apa yang sales katakan pada tanggal 29 April 2012 lalu. Namun diluar dugaan, jawaban dari customer care adalah bahwa memang untuk Orange TV masih rentan terhadap cuaca dan pasti akan kehilangan signal jika terjadi hujan dan saya hanya diminta menunggu 15 menit maka akan kembali normal. Dan kembali saya katakan juga, bahwa saya telah tertipu, namun tanggapannya hanya kata “maaf” dan berjanji akan menghubungi kembali, namun kenyataannya hingga saat ini saya tidak dihubungi. Jika memang dari awal sales tersebut mengatakan bahwa untuk Orange TV masih rentan terhadap cuaca, maka saya tidak akan memutuskan untuk berlangganan.

Sungguh saya tidak habis pikir ketika saya disuruh menunggu 15 menit untuk layanan kembali normal, karena sangat tidak nyaman jika menonton suatu acara harus terhenti selama 15 menit. Hari ini Jumat tanggal 11 May 2012, kembali saya menghubungi call center di nomor 021-29291911 dan kembali menyampaikan maksud saya untuk mengakhiri paket langganan yang belum sampai 1 bulan tersebut. Namun tanggapan dari call center adalah bahwa jika mengakhiri paket langganan akan dikenakan denda. Ini merupakan tipuan kedua yang saya alami, karena sudah sangat jelas pada awalnya si sales mengatakan bahwa jika ingin mengakhiri langganan, konsumen tidak akan dikenakan denda atau penalty apapun.

Melalui surat pembaca ini, saya tetap memutuskan untuk mengakhiri paket berlangganan Orange TV per tanggal 16 May 2012, dan saya tidak mau dikenakan denda atau pinalti apapun sesuai dengan janji sales per tanggal 29 April 2012, karena ini bukan kesalahan dari pihak saya. Kepada calon konsumen Orange TV, saya harap agar berpikir 2 kali jika ingin berlangganan Orange TV.

Michael Rinaldy
Jl. Pejambon 2 No.7
Jakarta Pusat

Dibaca - Kali
9882
Tanggapan Surat Pembaca
Orange TV
Orange TV menipu
Selasa, 22 Mei 2012 | 11:26 WIB

Dengan Hormat, Sehubungan surat keluhan yang Bapak Michael Renaldy sampaikan di Surat Pembaca www.kompas.com tanggal 11 Mei 2012, Kami selaku pihak manajemen Parabola OrangeTV memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Michael alami selama menjadi pelanggan Parabola OrangeTV karena kurangnya informasi dari sales person pada pameran. Kami telah menyelesaikan persoalan tersebut sesuai permintaan dan konfirmasi dengan Bapak Michael Renaldy. Untuk mengetahui produk dan promo Parabola Orange TV serta bantuan Customer Care kami, silakan mengunjungi website kami di www.orangetv.co.id atau menghubungi Call Center Parabola Orange TV di 0804-1-911911 Terima kasih atas masukan, perhatian dan pengertiannya.

Greeny S. Dewayanti
Orange TV
Chief of Marketing Officer
Jakarta