Sabtu, 1 November 2014
Selamat Datang   |      |  
Sabtu, 1 November 2014 | 18:37 WIB
Surat Pembaca
Nissan Motor Indonesia
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
Senin, 2 April 2012 | 12:33 WIB

Nama saya Soerijo Gondo Setiawan, dan saya telah menjadi penggemar setia serta pengagum Nissan selama bertahun-tahun, hingga saya bahkan membeli lebih dari 1 (satu) mobil Nissan. Alasan saya menjadi penggemar berat Nissan adalah karena performa dan kualitas Nissan yang selama ini saya ketahui. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa saya memilih brand Nissan untuk orang-orang yang saya cintai; termasuk anak saya Olivia Dewi Soerijo. Sungguh saya tidak menyangka kalau keputusan saya untuk memilih Nissan bagi anak saya tercinta, ternyata berujung mengenaskan. Olivia, anak saya yang begitu saya sayangi, tewas mengenaskan di dalam mobil Nissan yang dikendarainya.

Di tengah kedukaan saya, saya tak urung menyalahkan diri saya sendiri, karena bukankah saya yang memilih Nissan untuk anak saya tercinta tersebut? Berhari-hari saya mencoba mencari tahu dan mereka-reka kejadian yang merenggut nyawa anak saya tersebut. Setelah tragedi ini terjadi, saya mencoba mencari tahu mengenai Nissan Juke, dan alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui fakta bahwa Nissan Juke sebenarnya telah di recall di berbagai negara karena cacat produksi.

Saya bukanlah seorang ahli di bidang otomotif, namun dari berbagai berita kecelakaan yang pernah saya baca dan dipublikasikan di media, baik kasus Afriyani hingga Syaiful Djamil; tidak satupun dari mereka yang tidak dapat keluar ataupun dikeluarkan dari mobil hingga mobil tersebut terbakar sampai tinggal bangkainya. Sepengetahuan saya, di berbagai kecelakaan tersebut, bahkan mobil yang menabrak hingga terguling, tidak berujung pada kebakaran sefatal yang dialami Olivia; sedangkan Olivia hanyalah menubruk tiang billboard.

Saya menulis surat ini karena saya menginginkan penjelasan dari Nissan, apakah benar cacat produksi di Nissan Juke yang mengakibatkan nyawa anak saya melayang. Lantas mengapa Nissan Juke telah direcall di berbagai negara, namun tidak di recall di Indonesia? Demikianlah surat ini saya tulis, tak hanya sebagai seorang ayah yang baru ditinggal pergi oleh putrinya untuk selama-lamanya, namun juga sebagai pelanggan setia Nissan selama berpuluh tahun.

Soerijo Gondo Setiawan
Jl. Kampung Gusti, RT 011/015, Pejagalan
Jakarta Utara

Dibaca - Kali
9556
Tanggapan Surat Pembaca
Nissan Motor Indonesia
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
Rabu, 4 April 2012 | 17:13 WIB

Sebelumnya, atas nama keluarga besar PT. Nissan Motor Indonesia, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Soerijo Gondo Setiawan yang telah memilih Nissan sebagai kendaraan Bapak dan keluarga. Sekali lagi, kami juga ingin mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan prihatin terhadap musibah kecelakaan yang menimpa Saudari Olivia. Semoga almarhumah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Bersama surat ini, Nissan Motor Indonesia ingin memberikan tanggapan terhadap surat yang dikirimkan oleh Bapak tertanggal Rabu, 4 April 2012.

Beberapa hal yang ingin kami sampaikan sehubungan issue recall dan penjelasan Nissan sehubungan dengan kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke. Untuk menjawab seputar issue recall Juke yang terjadi di beberapa negara, dapat kami konfirmasikan bahwa Juke yang dipasarkan di Indonesia hingga saat ini bebas dari recall karena spesifikasi mesin yang berbeda. Juke yang dipasarkan di Indonesia menyandang mesin tipe HR15DE sedangkan yang menjadi subyek recall adalah Juke dengan tipe mesin MR16DDT dengan Turbo Charger sehingga dapat kami pastikan bahwa kendaraan Juke yang digunakan oleh almarhumah Olivia pada saat kecelakaan bebas dari subyek recall.

Mengenai kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke, saat ini pihak Nissan Motor Indonesia telah menyelesaikan investigasi secara teknis unit Juke yang dikendarai oleh almarhumah Olivia dengan bantuan tim ahli dari Nissan Jepang, seperti yang diminta oleh pihak kepolisian. Hasil final investigasi dari pihak kami tersebut juga telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Kami berharap pihak kepolisian dapat segera menyampaikan hasil penyelidikan secara menyeluruh untuk dapat diketahui oleh publik dan keluarga Bapak.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dimuatnya surat tanggapan ini kami ucapkan terima kasih.

Arga Bima Jaksana
Nissan Motor Indonesia
Communications section
Jakarta