Senin, 21 April 2014
Selamat Datang   |      |  
Senin, 21 April 2014 | 01:41 WIB
Surat Pembaca
Bank Mandiri
Kartu Kredit Mandiri Sudah Ditutup tapi Masih Ada Tagihan
Jumat, 10 Februari 2012 | 11:16 WIB

Saya adalah pengguna kartu kredit Bank Mandiri. Pada bulan September 2011 saya menutup salah satu kartu kredit Master Hypermart bank Mandiri saya. Saat itu sebelum menutup kartu saya sudah menelepon CS bank Mandiri mengenai total yang harus dibayar ditambah biaya stamp duty.

Kemudian saya menelepon kembali ke CS untuk menconfirm mengenai penutupan kartu saya. Dan bahwa saya bisa mengguting kartu kredit Mandiri Master card Hypermart saya. Kemudian pihak CS mengatakan bahwa kartu saya sudah ditutup dan bisa digunting untuk menghindari penyalahgunaan kartu.

Namun kemudian per tanggal surat 9 Februar1 2012, tiba tiba saya mendapatkan surat peringatan kedua (saya tidak pernah menerima surat pemberitahuan pertama) mengenai tagihan saya yang katanya belum dbayar sampai dengan hari ini senilai Rp 208.000.

Kemudian saya langsung menelpon CS untuk menanyakan perihal ini, pihak CS mengatakan bahwa tagihan saya tersebut timbul dari kekurangan pembayaran saya sebesar Rp 50.000 ditambah denda sampai tanggal surat. Kemudian yang saya katakan bahwa saya tidak pernah lagi menerima tagihan sejak penutupan itu, CS mengatakan bahwa saya tidak menerima tagihan lagi dikarenakan kartu saya sudah ditutup.

Yang saya pertanyakan kepada pihak bank Mandiri adalah bagaimana bisa kartu ditutup kalau masih ada tagihan yang belum dilunasi? Kemudian darimana saya mengetaui tagihan sebesar Rp 50.000 tersebut kalau saya tidak pernah menerima tagihan baik melalui surat maupun telpon dari pihak Bank Mandiri (sampai saat ini)? Bahkan surat peringatan pertama pun tidak pernah saya terima.

Saya merasa ini bukan kesalahan saya karena saya sudah melakukan semua kewajiban saya sebelum menutup kartu ini, dan saya minta tanggapan dari Bank Mandiri karena ini menyangkut kredibilitas saya di database perbankan. Terima kasih.

Rianto Hasan
Jl. Tongkol IV Blok e14/9 Kutabaru
Tangerang

Dibaca - Kali
9249
Tanggapan Surat Pembaca
Bank Mandiri
Kartu Kredit Mandiri Sudah Ditutup tapi Masih Ada Tagihan
Kamis, 1 Maret 2012 | 09:08 WIB

Menanggapi pengaduan dari Bapak Rianto Hasan di media online Kompas.com tanggal 10 Februari 2012 mengenai “Kartu Kredit Mandiri Sudah Ditutup Tapi Masih Ada Tagihan”, dengan ini kami sampaikan terima kasih atas masukan yang Bapak Rianto Hasan berikan dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Sesuai dengan permintaan Bapak Rianto Hasan, kami telah menutup kartu Mandiri Visa Hypermart Bapak Rianto Hasan. Kami juga telah menghapus sisa tagihan yang muncul pada kartu Mandiri Visa Hypermart tersebut pada tanggal 8 Februari 2012 sehingga saldo tagihan saat ini telah nihil. Kami telah berusaha menghubungi Bapak Rianto Hasan untuk menyampaikan penjelasan dan penyelesaian atas permasalahan dimaksud, namun kami belum dapat berbicara langsung dengan Bapak Rianto Hasan. Penjelasan secara tertulis telah kami kirimkan ke alamat pengiriman lembar tagihan Mandiri Kartu Kredit atas nama Bapak Rianto Hasan. Apabila masih terdapat pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, selain dapat menghubungi Customer Service kami yang akan membantu melalui Mandiri Call layanan 24 jam di nomor 14000, Bapak Rianto Hasan juga dapat menghubungi kami melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id. Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasama Redaksi Kompas.com .

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sukoriyanto Saputro, Corporate Secretary
Bank Mandiri
Plaza Mandiri Lt.3 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta