Sabtu, 1 November 2014
Selamat Datang   |      |  
Sabtu, 1 November 2014 | 02:50 WIB
Surat Pembaca
telkomsel
Pembodohan Pelaggan oleh TelkomFlash Kartu Halo
Kamis, 8 September 2011 | 12:26 WIB

Saya ingin berbagi pengalaman kekecewaan saya sebagai pengguna telkomFlash. Sebagai pelanggan, saya merasa dibodohi dengan servis modem Flash tersebut. Dari promo dan sepengetahuan saya, TelkomFlash adalah modem unlimited, dimana jika terjadi kelebihan quota, kecepatan akan diturunkan tanpa penambahan biaya apapun. Jadi seharusnya, rate yang disetujui bersama adalah angka yang fixed, flat, tidak berubah jumlah tagihannya, yakni Rp. 137,500.00 termasuk pajak.

Permasalahannya muncul sejak 3 bulan yang lalu. Awalnya saya tidak sadar mengapa tagihan saya membengkak menjadi Rp. 166,650.00. Tetapi saya tidak terlalu memperhatikannya dan membayar saja. Bulan berikutnya tagihannya lebih mengejutkan lagi. Totalnya mencapai angka Rp. 271,650.00. Saya kaget dan baru sadar ada yang salah dengan modem saya. Segera saya menelpon customer servis Telkomsel. Disini saya mulai merasa tidak memiliki perlindungan hak sebagai customer. Saya menggunakan jasa layanan online. Mereka tidak bisa membantu dan saya harus menghubungi kantor Grapari terdekat.

Parahnya lagi, kantor Grapari terdekat tidak menyediakan extension number untuk keluhan pelayan, jadi saya hanya bisa bolak balik bicara dengan mesin. Saya terpaksa harus ke kantor Grapari untuk mengecek masalah ini, padahal pekerjaan saya sebenarnya menuntut untuk tidak bisa pergi selama jam kerja. Sungguh bukan sesuatu yang memberikan kemudahan kepada customer. Begitu sampai di kantor Grapari, saya ditanyakan soal tagihan kartu Halo untuk modem saya.

Saya bahkan tidak pernah mendapat tagihan kartu tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Setelah mereka me-ricek masalahnya, saya diberi tahu bahwa saya pernah mengklik iklan di internet dimana saya diharuskan membayar content dalam iklan tersebut. Padahal kan modem yang saya pakai adalah internet unlimited, dimana seharusnya saya hanya pakai kuota, bukan biaya dalam rupiah seperti itu. Dan jujur, saya merasa saya dibodoh-bodohi sebagai konsumen awam. Saya merasa tidak pernah mengklik apa yang mereka sebutkan seperti itu.

Kalaupun mereka ngotot kalau itu salah saya (semua orang tahu saya tidak bisa menang disini), saya seharusnya diberi tahu iklan mana yang menyebabkan saya membayar seperti itu supaya kedepannya saya bisa lebih berhati-hati. Namun, untuk menyebutkan iklan di internet mana yang saya klik dan menyebabkan adanya tagihan tidak masuk akal seperti itu, mereka juga tidak bisa menyebutkannya. Dimana perlindungan konsumennya? Saya disuruh menunggu proses penyelidikan beberapa hari atau saya matikan saja content yang tidak jelas apa itu.

Tentu saja saya pilih untuk dimatikan daripada memperpanjang urusan dan menghabiskan waktu saya. Dan awalnya saya anggap masalah selesai. Tapi ternyata tidak berhenti disitu saja. Tagihan bulan ini setelah ‘dimatikan’ kontent tersebut oleh CS, juga masih di angka Rp. 210,000.00. Padahal seyogyanya, tagihan kembali normal jika perkataan CS bisa dipegang dan ia benar-benar mematikan kontent yang tidak jelas itu. Padahal bisa dikatakan bulan ini saya hampir tidak menggunakan internet karena banyak hari liburnya.

Kembalilah saya ke Grapari dan minta waktu ijn dari pekerjaan saya. Awalnya saya kesana dengan itikad baik. Saya merasakan membutuhkan modem dan koneksi internet ini dan hanya berniat mencari solusi saja. Namun sesampainya disana dan bertemu CS, saya merasa masalah ini berulang saja di kasus yang sama. Lagi-lagi mereka tidak tahu itu fitur apa dan untuk mengetahuinya saya disuruh menunggu sampai Senin (saya kesana hari Selasa, 6 September 2011), dan saya dianggap lagi meng-klik approval untuk membayar kontent yang tidak jelas apa itu.

Jadi saya sekali lagi merasa tertipu dan bodoh sekali saya bisa terkena kasus yang sama untuk 3 bulan berturut-turut. Saat itu saya merasa cukup sudah. Saya memutuskan untuk menutup modem telkomFlash halo saya dan melunasi saja bayaran yang makin tidak jelas ini. Tapi sekali lagi saya merasa dicurangi karena saya harus mematikan modem telkomFlash saya saat itu juga tapi harus membayar tagihan untuk bulan berjalan. Jadi total tagihan yang saya harus bayar jika ingin berhenti berlangganan kemarin sampai mencapai lebih dari 3x tariff normalnya.

Seyogyanya jika saya membayar untuk bulan berjalan, saya masih berhak untuk menggunakan modem sampai tanggal 18 September 2011 ini. Namun sekali lagi CS mewanti-wanti saya jika ada tagihan fitur content tadi, saya harus kembali lagi kesana dan melunasinya atau via debt kolektor. Saya benar-benar merasa tidak ada perlindungan konsumen di Telkomsel dan merasa dibodohi dengan ketidakjelasan sistem yang ada. Pertama saya membayar sejumlah uang yang seharusnya tidak perlu ada karena koneksi saya toh unlimited.

Kedua saya dipersalahkan untuk mengklik content di internet yang mereka sendiri juga tidak jelas itu apa (apalagi saya sebagai awam). Ketiga saya diberitahu jika sistem telah direfresh dan content di-nonaktif-kan, namun ternyata tagihannya tidak berkata demikian. Keempat saya diharuskan membayar untuk bulan berjalan sedangkan saya tidak bisa menggunakan koneksi yang telah saya bayar. Sungguh merasa kecewa dengan kebijiakan telkomsel, dan saya harap tulisan saya menjadi pertimbangan bagi awam-awam lainnya.

veronika cindy
villa citra II blok e1 no. 3
bandar lampung

Dibaca - Kali
7977
Tanggapan Surat Pembaca
telkomsel
Pembodohan Pelaggan oleh TelkomFlash Kartu Halo
Rabu, 12 Oktober 2011 | 09:01 WIB

Menanggapi surat pembaca Ibu Veronika Cindy Toko Terang Jaya pada Kompas.com mengenai tagihan kartuHALO untuk pemakaian layanan TELKOMSELFlash, dapat kami sampaikan bahwa kami telah memberikan solusi dengan menghubungi langsung pelanggan, menginformasikan bahwa terdapat pemakaian SMS content namun sudah dinonaktifkan pada tanggal 03 Agustus 2011 dan telah dilakukan penyesuaian tagihan kartuHALO. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Pelanggan Telkomsel dapat menikmati beragam program menarik dari kartuHALO seperti HALO Fit yang memberikan sesuai dengan kebutuhan dalam berkomunikasi yang dapat di akses melalui *111#. Beragam informasi produk serta fitur layanan tambahan lainnya dapat diakses melalui layanan selfcare interaktif menggunakan menu browser dengan cara menekan dari ponsel *116# untuk simPATI dan kartuAS, *111# untuk kartuHALO, atau kunjungi website T-Care kami di https://my.telkomsel.com. Pelanggan juga dapat mengirimkan e-mail ke cs@telkomsel.co.id. Terima kasih atas kepercayaan Saudara menggunakan beragam layanan Telkomsel. Kepuasan pelanggan selalu menginspirasi kami untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan layanan ke depan.

Jakarta, 13 September 2011

R. Indra GM Corporate Communications
Telkomsel
CORPORATE COMMUNICATION TELKOMSEL
Jakarta